Thursday, July 28, 2011

Organisasi vs Study Oriented

,
‎"High GPA will get you to job interview, but High Leadership will get you to bright future"
Anies Baswedan


Memasuki dunia perkuliahan merupakan suatu kesempatan yang langka, jangan salah, karena hanya 3,4 persen yang bisa menyelesaikan pendidikan tinggi dan hanya 9 persen orang Indonesia yang bisa masuk bangku kuliah. Angka ini sungguh menyesakkan dada. Dari sekitar 250 juta rakyat Indonesia, 3,4 persennya adalah 8,5 juta dan 9 persennya adalah 22,5 juta. Faktor keuangan menghambat temen-teman kita tidak dapat mengenyam dunia pendidikan. Namun, jangan karena fenomena mahalnya biaya pendidikan menjadikan kita menjadi seorang yang study oriented dengan target lulus cepat dan IPK tinggi tanpa memikirkan faktor lain. Kesempatan yang kita dapatkan untuk mengenyam dunia pendidikan di tingkat maha ini sebaiknya tidak disia-siakan, gunakan kesempatan ini untuk menjadi mahasiswa yang berbeda.


IPK tinggi hanyalah gerbang memasuki dunia kerja, namun sesungguhnya yang terpenting adalah bagaimana menjadikan diri kita sebagai lulusan yang COMPLETE sesuai dengan visi Universitas Diponegoro, yaitu Communicator, Professional, Leader, Educator, Thinker dan Entreprenuer. Kapabilitas COMPLETE yang mayoritas berisikan soft skill didapatkan di luar perkuliahan, bagaimana mendapatkannya? Ya, dengan mengikuti organisasi. Meskipun beberapa mengatakan mengikuti organisasi hanyalah membuang-buang waktu, tenaga, dan membosankan, namun jika kita memikirkan jauh ke depan dampak apa yang diberikan organisasi, pasti sangatlah tidak merugi. Ada banyak organisasi mulai dari tingkat jurusan, fakultas, serta universitas yang dapat mengembangkan potensi diri seperti mahasiswa dapat belajar memanajemen waktu, dapat bersosialisasi dengan baik, belajar bekerja sama dalam tim, melatih diri dalam komunikasi serta leadership.


Masih berminat menjadi mahasiswa study oriented? Think out of the box dan keluar dari zona nyaman, selamat berorganisasi!

5 comments to “Organisasi vs Study Oriented”

  • July 31, 2011 at 2:22 PM
    pmanz says:

    kembangkan diri anda sebebas2nya :)

    delete
  • July 31, 2011 at 9:08 PM
    sintamooo says:

    wah, terima kasih bapak wapres ata kunjungan dan commentnya :D

    delete
  • July 31, 2011 at 9:18 PM
    pmanz says:

    suatu kehormatan blognya bisa di coment wapres hahahaha :P

    delete
  • July 31, 2011 at 9:31 PM
    sintamooo says:

    aihh, narsisnya keluar? hihiii..

    delete
  • July 31, 2011 at 9:40 PM
    pmanz says:

    hehehee..... :D
    kamu juga narsis ta :p

    delete