Wednesday, April 30, 2014

Mom Knows How To Use Technology

,

Ibu lahir di tahun 60-an, kala itu, teknologi canggih dan modern hanyalah televisi hitam putih, kalopun ingin menonton harus berdesakkan bersama penonton lain di kecamatan. Saat mulai mengenal keyboard, ibu menggunakan sebelas jari untuk mengetik, maksudnya dengan telunjuk tangan kanan dan telunjuk tangan kiri (walopun yang nulis blog juga begitu).

Perkembangan teknologi tidak mempersurut keinginan wanita usia 50 tahunan ini untuk turut berpartisipasi, ia punya handphone yang selalu lebih canggih dari punya saya, hadiah dari kakak-kakak saya. Apadaya, teknologi tidak berada di tangan orang yang tepat, untungnya sekarang tidak hanya untuk telepon, sms, dan foto, tapi juga bisa whatsapp. 

Dan kakak baru saja membuat sebuah grup keluarga, setelah sebelumnya ada grup anak (tidak dimasukkan ke dalam grup anak, dikhawatirkan tidak mengerti arah pembicaraan, karena itu dibuatlah grup baru). Dimulai saat, ibu selalu menghubungi satu-satu anaknya untuk mengabarkan keberadaan atau sedang apa dirinya, lalu kakak membuat grup dan “mama kalo mau ngasih kabar ke semua disini aja”, mama bingung ini apa dan bagaimana cara kerjanya, hingga bisa menelaah sendiri lalu “Ooo, jadi kalo disini mama sekali ngetik bisa ke semua ya..”
 

Ya begitu.


Lain lagi yang ini, ibu tidak tahu cara menggunakan facebook, walopun sudah pernah dibuatkan. Tapi ibu punya e-mail dan tahu cara menggunakannya. E-mail pertama yang saya dapat dari ibu adalah sebuah pertanyaan yang tidak harus dikirim via e-mail, dikirim dua tahun yang lalu, dan pesannya di taruh di 'Subject'.


At least, walopun udah setengah abad, doi masih giat buat belajar teknologi ;)

0 comments to “Mom Knows How To Use Technology”