Sunday, March 20, 2011

It’s not green. It’s blue!

,

Saya baru tahu masalah ini ketika saya di pare. Ketika aeni menanyakan apakah baju yang digunakan farid berwarna hijau atau biru. Kenapa farid? Karna farid orang madura. Dan entah darimana sumbernya, konon katanya orang madura tidak bisa membedakan warna biru dan hijau. Ada dua orang dari Anak-Anak Basic Program 1 Elfast Periode 25 Januari 2011 Kelas B yang notabene bearasal dari madura [Farid dan Daniel], pulau di seberang surabaya.

Semenjak saat itu saya jadi sering bertanya ke setiap orang madura yang saya temui, ‘ini warnanya apa hayo? Ijo apa biru?’ dan.. beberapa dari mereka protes, ‘kenapa emang? Aku  bisa ko ngebedain ijo sama biru!’ ooh, i see. Ternyata gak semua orang madura gak bisa ngebedain warna hijau dan biru, kata mereka-mereka yang saya tanya, kejadian ini hanya terjadi pada orang-orang madura di pedalaman ^^

Gak usah jauh-jauh, orang terdekat saya, kakak saya sendiri, yang gak punya darah madura pun sepertinya kesulitan membedakan kedua warna tersebut. Kemaren, saya harus menyusul kakak saya yang sedang berkunjung ke kota di tempat saya tinggal saat ini. Beliau mengunjungi rumah nenek calon istrinya. Luckiliy, saya disuruh ke sana naik taksi, tanpa dikasi tau alamat pastinya, walaupun sudah saya minta. Sebelum perjalanan beliau hanya memberi tahu, ‘abis polres lo belok kiri, lurus terus’.  Saya pun mengatakan rute seperti yang kakak saya katakan ke bapak taksi. Yap, si bapaknya bingung, ‘tapi kamu udah pernah ke sana kan? Saya, ’pernah pak, Cuma sekali, itupun saya tidur pas dijalan’. Wadduuuhh. Kakak saya nelpon lagi dan ngasi ancer-ancer tambahan ‘ta, abis polres lo belok kiri, lurus terus, abis tanjakan ada SD, setelah SD ada gapura warna biru lo masuk, lurus terus, mentok trus belok kanan.’
Clear!
Saya kasih tau persis apa yang kakak saya bilang ke bapak taksi lagi. Melewati SD yang tidak seperti SD,
si bapak taksi bilang ‘ini SD, itu ada gapura, tapi ijo’
Saya: ‘iya pak, bukan, lurus lagi aja’

Finally, kita nyasar, dan saya teringat cerita orang madura yang kesulitan membedakan warna hijau dan biru, saya berekspektasi bahwa kakak saya terkena sindrom tersebut.
‘pak, balik pak, masuk gapura tadi aja’

Saya pun kembali ke gapura yang saya dan bapak taksi yakini kalo itu gapura yang berwarja hijau, bukan biru. Dan, tarrraaaa, akhirnya saya bertemu kakak yang sudah sekian lama kami berpisah.

0 comments to “It’s not green. It’s blue!”