Wednesday, May 25, 2011

P A R K O U R

,

Agak sedikit asing memang. Mendengar nama parkour saja baru beberapa waktu ini. Yang saya ingat waktu itu, sewaktu di acara earth hour Semarang di daerah Peleburan, saya melihat sekumpulan orang-orang menunjukkan atraksi seolah-olah mereka terbang, saya ingat, di baju yang mereka kenakan bagian belakangnya tertulis “Fly to The Sky”. Sayangnya, ga ada cewe yang yang ikut :(
Setelah saya telusuri, ternyata Parkour merupakan seni berpindah tempat dari satu titik ke titik yang lain dengan prinsip kemampuan tubuh manusia. Dan ternyata Parkkour sendiri punya sejarah yang unik. Berawal dari David Belle yang terispirasi dari ayahnya yang merupakan seorang pemadam kebakaran dan sering menceritakannya kisah-kisah kepahlawanan, david  ingin melatih efisiensi gerakan untuk membentuk badan dan pikiran seseorang untuk dapat menghadapi rintangan-rintangan dalam kondisi bahaya. Mungkin dalam kasus ini, bahaya saat bertugas di lapangan pas jadi pemadan kebakaran. Saat melakukan gerakan terbang di udara, yang dibutuhkan tidak hanya, pikiran yang matang pun sangat dituntut, jika tidak akan berdampak cedera.

Nilai-nilai kehidupan yang ada di dalam Parkour [dari wiki], diantaranya:
Seni untuk melewati semua masalah dalam track kehidupan
Dengan memakai prinsip dari Parkour, kita akan berusaha melewati rintangan obstacles tersebut dengan indah dan penuh control. Memecahkan masalah yang kita hadapi dengan efektif dan efisien. Semua manusia pasti mempunyai track kehidupannya masing-masing.
Melawan Rasa takut
Seseorang yang takut mencoba tidak akan berbuat apa-apa dan tidak akan menjadi siapa-siapa. Semua manusia pasti melewati proses seperti ini. Kalau kita tidak bisa melawan rasa takut, tidak akan ada kemajuan dalam kehidupan
Tapi ingat, ukur ketakutan dan keberanianmu dengan meteran nyali. Kalau kita terlalu berani, kita akan bertindak bodoh, ceroboh, bahkan celaka. Tapi, jika terlalu takut, kita tidak akan berbuat apa-apa. Jadi antara rasa takut dan berani harus seimbang.
Bangkit dari kegagalan
Saat kita mencoba suatu gerakan di Parkour, kita akan selalu mengalami kegagalan atau jatuh. Tapi kalo kita terus bangkit berdiri dan mencoba lagi, kita pasti akan bisa menguasai salah satu gerakan tersebut. Begitu pula dalam kehidupan. Intinya berani gagal alias berani jatuh. Coba lagi dan pelajari supaya tidak gagal dan jatuh lagi.
Flexibilitas dan fluiditas
Berlatih Parkour akan membuat diri kita flexible dan semangat kita terus mengalir. Begitu pula dalam kehidupan. Saat kita berada dalam lingkungan baru, kita berpikir untuk tetap flexible dan mampu beradaptasi dengan lingkungan tersebut. Walaupun lingkungan tersebut awalnya tidak membuat diri kita nyaman. Sedangkan fluiditas akan membuat diri kita mempunyai semangat yang terus mengalir untuk menjalani kehidupan walaupun mempunyai masalah yang berat.
Kreatifitas dan kebebasan
Dalam Parkour kita bisa berkreasi untuk menciptakan gerakan atau menggabungkan beberapa gerakan dasar menjadi gerakan baru tergantung kreatifitas kita. Hidup pun begitu, kita harus kreatif sehingga bisa berguna dan bermanfaat dalam kehidupan. Selain itu, Parkour juga mengajarkan kita untuk bergerak bebas menuju kebebasan tanpa melawan aturan.
Parkour menentang kompetisi
Sebuah kampanye datang dari beberapa praktisi Parkour tentang menentang keras adanya kompetisi dan rival di dalam Parkour. Kompetisi tidak sesuai dengan filosofi dan nilai moral dari parkour yang mengutamakan kebebasan. Kompetisi hanya akan mendorong seseorang untuk mengalahkan orang lain yang disaksikan oleh penonton atau hanya akan menambah keuntungan oleh beberapa corporasi yang hanya mengambil keuntungan dari Parkour.
Latihan Parkour bukan ditujukan untuk melawan atau mengalahkan orang lain. Parkour ditujukan untuk membantu orang lain sehingga manusia mempunyai cara berpikir moderasi (sederhana) dan memiliki ketahanan fisik yang lama.

parkour indonesia
parkour semarang di group facebook
parkour semarang blogsppot
penjelasan parkour dari seorang chef

0 comments to “P A R K O U R”