Thursday, July 25, 2013

Berantas Korupsi Sejak Dini!

,
Tikus Lambang Korupsi
Sumber Gambar

Pernah gak kita mengambil uang kembalian tanpa ijin saat orang tua meminta kita membelanjakan sesuatu? Atau pernah gak saat membuat anggaran di proposal kegiatan tidak di survey dulu, hanya copy-paste yang sudah ada tanpa tahu itu benar atau tidak? Atau pernah gak mencoba memanipulasi anggaran supaya mendapatkan lebih dari kebutuhan sesungguhnya? Atau pernah gak mencoba lagi untuk memanipulasi anggaran laporan pertanggungjawaban supaya match dengan angka saat memohon dana, padahal anggarannya bisa kurang dari itu?

Kawan-kawan yang budiman, jika anda pernah melakukannya, berarti anda telah melakukan korupsi di scope yang kecil, berhati-hatilah saat dewasa kelak. Karena KPK dan Tuhan akan memberantas. Sembari menulis, saya juga turut menasihati diri saya sendiri.

Sebagaimana lazimnya seorang anak, dan anak terakhir, seringkali ibu atau kakak menyuruh saya dengan paksa membelanjakan sesuatu, untungnya saya sering dapat uang kembaliannya, dan menjajankannya. Sampai suatu hari ibu menyadarkan saya saat kembalian itu sudah lenyap “Mana kembaliannya, ta? Biasain kembaliin walaupun cuma Rp 50,00. Atau kalo mau kembaliannya bilang dulu.”

Saya pun tidak berpengalaman membuat anggaran untuk proposal kegiatan, sampai suatu ketika saya mendapatkan job itu, ternyata beberapa angka yang saya dapat adalah angka ekspektasi, tanpa survey. Cerita lain dari teman, malah ia disuruh melebihkan angka-angka yang tertera supaya mendapat kucuran dana lebih. Atau teman saya lain, yang menjadi inspirasi saya dalam menulis cerita korupsi dini ini, ia diminta seseorang untuk memanipulasi anggaran, supaya sama dengan anggaran yang sudah diajukan sebelumnya, padahal total anggaran yang ada diajukan sebelumnya amat jauh berbeda dengan kenyataan yang dipakai, berbeda hingga belasan juta.

Bermain-main dengan uang memang menyenangkan, apalagi bisa mendapat uang dari apa yang kita kerjakan, tapi harus dilihat secara jeli mana uang yang baik dan tidak. Kadang kita juga tidak sadar telah melakukan korupsi, jika dibiasakan akan terbiasa sampai tua nanti.

Hati-hati dengan uang, mari cegah bibit korupsi sejak dini! *kesambet*

0 comments to “Berantas Korupsi Sejak Dini!”